Bahagia Bersama Hal-hal Sederhana

April 25, 2021


Bahagia. Kata sederhana namun tak banyak orang yang mudah merasakannya. Saya pun dulu sering merasa tidak bahagia karena patokan kebahagiaan saya adalah orang lain, bukan diri saya sendiri. Padahal membuat semua orang disekitar kita bahagia adalah hal yang sangat sulit dan hampir tidak mungkin dilakukan.


Memang membuat orang lain bahagia itu adalah sesuatu yang membawa kepuasan batin pada diri sendiri. Namun jika ukuran kebahagiaan kita adalah kebahagiaan orang lain, rasanya hidup akan sangat sulit. Karena seperti yang saya sebutkan di atas, kita tidak mungkin bisa membuat semua orang di sekitar kita bahagia. Lalu apakah setiap ketidakbahagiaan mereka lantas membuat kita juga tidak bahagia? Mungkin saja. Tapi ini pilihan yang tidak mutlak harus kita rasakan.


Karena itu, lama-kelamaan saya mencoba merubah definisi bahagia bagi diri saya. Saya tidak lagi menjadikan kebahagiaan orang lain sebagai patokan kebahagiaan saya. Sebaliknya saya mulai berpikir "Saya harus bahagia terlebih dahulu agar bisa membahagiakan orang lain". Tidak mudah memang merubah pola pikir. Namun sedikit demi sedikit saya merasa ada perubahan positif yang terjadi dalam diri saya.


Sekarang jika ditanya hal apa yang membuat saya bahagia, saya akan menyebutkan hal-hal yang bisa saya lakukan tanpa perlu melibatkan orang lain. Artinya kebahagiaan saya ada di tangan saya sendiri. 


Jadi apa saja yang bisa membuat saya bahagia? Inilah 7 hal teratas yang bisa secara instan membuat saya merasa "happy tanpa tapi".


Melakukan kegiatan ibadah

Salat, mengaji, menghadiri kajian dan kegiatan ibadah lainnya, baik yang bersifat personal maupun sosial, selalu membuat hati merasa tenang dan bahagia. Mungkin karena lewat kegiatan itu saya merasa terkoneksi dengan Tuhan yang Maha Besar, sehingga hati menjadi tenteram. 


Kurangnya hubungan dengan Tuhan bisa membuat hati kita terasa kosong dan sulit bergembira. Karena itu rajin-rajinlah beribadah agar mudah merasa bahagia. Tidak percaya? Silahkan coba dibuktikan sendiri. Dijamin terasa efek positifnya. Asal ibadahnya benar-benar tulus karena Sang Pencipta, ya.


Membaca

Membaca adalah hobi saya yang pertama dan utama. Sejak kecil saya senang membaca apa saja, namun tentu saja yang paling saya gemari adalah cerita fiksi, terutama yang bergenre fantasi.


Dulu saat SD, favorit saya adalah cerita rakyat, legenda dan sejenisnya. Mungkin dari sana kecintaan saya pada genre fantasi mulai bertumbuh. Lalu dilanjutkan oleh komik anak-anak yang sebagian besar juga bergenre fantasi.


Sejak remaja hingga kini, genre romance juga menjadi salah satu favorit saya. Meskipun begitu saya juga tetap menikmati genre lainnya. Tapi ada satu genre yang sering saya hindari yaitu genre horor.


Baca juga: 5 Novel Karya Anak Bangsa yang Harus Kalian Baca


Menulis

Menulis adalah hobi lain yang juga saya lakukan sejak kecil. Meskipun saya pernah merasa tulisan tangan dan apa yang saya tulis tidak sebagus sahabat-sahabat saya selama ini, tapi saya tetap cinta dengan aktivitas menulis. Sayangnya rasa minder itu membuat saya tidak berani mengambil langkah untuk maju lebih jauh.


Dulu kesukaan saya adalah menulis puisi dan cerita pendek. Saya selalu ingin mengirimkan hasil karya ke majalah-majalah, tapi tidak pernah merasa percaya diri. Hasilnya, semua karya saya hanya sebagai konsumsi pribadi, atau paling jauh dinikmati teman-teman dekat saja.


Saat ini saya mulai percaya diri untuk menulis lagi. Saya senang menuliskan tentang wisata, kuliner, buku, cerpen dan akhir-akhir ini tentang drama Korea. Bahkan sudah dua kali ikut dalam penerbitan buku antologi. Saya selalu senang bisa menuliskan apa yang ada dipikiran. Saat menulis rasanya saya menjadi lebih hidup dan berguna.


Baca juga: Kenapa Saya Menulis Blog?


Menonton

Menonton bagi anak-anak yang besar di tahun 90-an adalah semacam rutinitas harian. Bahkan saat weekend saya biasa maraton film kartun dari pagi hingga sore. Saya bangun paling pagi, mandi, dan "nongkrong" di depan televisi, bahkan sebelum ibu saya bangun.


Untuk genre tontonan, sama seperti bacaan, saya menyukai genre fantasi. Dulu juga penggemar romance apalagi melodrama. Namun semakin menua, saya tak lagi menikmati genre romance yang tidak dipadukan dengan genre lain, bahkan romance-comedy pun mulai sering membuat saya bosan. Saya lebih senang yang menyajikan sedikit action dan misteri. Misteri disini bukan horor ya. Sama seperti bacaan, saya juga menghindari tontonan berbau horor.


Baca juga : 5 Drama Korea yang Wajib Ditonton


Makan Enak

Siapa yang tidak suka makan enak? Pasti semua orang suka makan enak. Makanan enak bisa meningkatkan kebahagiaan. Apalagi bagi saya, si pemakan segala (Kecuali makanan pedas sekali). Menemukan makanan yang cocok di lidah rasanya seperti berada di surga dunia.


Ketika bepergian saya senang mencoba makanan-makanan baru, terutama saat mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah saya datangi sebelumnya. Makanan khas daerah adalah salah satu hal yang akan saya buru. Rasanya senang ketika menemukan sensasi baru yang ternyata cocok di lidah saya. Untungnya lidah saya sekarang mudah cocok dan tidak banyak pilih-pilih seperti dulu. Asal mengunyah makanan enak, saya bahagia.


Baca juga: Berburu Seafood sampai ke Ujung Pulau


Jalan-jalan

Kegiatan yang satu ini saya yakin juga banyak digemari oleh banyak orang di luar sana. Begitu juga dengan saya. Saya senang sekali jalan-jalan. Jalan-jalan kemana saja. Tidak harus ke tempat spesial. Asal kaki saya melangkah, saya sudah bahagia.


Ke pasar pun sudah menjadi hiburan yang menyenangkan bagi saya. Apalagi jika diajak liburan mewah. Semakin dan semakin saya bahagia. Meskipun setelah jalan-jalan badan terasa payah, tapi hati terasa cerah. Lupa sudah semua lelah.


Bisa melihat langit biru, berada di tengah keramaian, atau menikmati kesunyian ditemani keindahan alam, apapun  itu, semua terasa menyenangkan. Semoga pandemi segera berlalu dan kita semua bisa jalan-jalan lagi tanpa merasa khawatir.


Baca juga: 5 Surga Tersembunyi di Pulau Bali


Mendengarkan lagu

Lagu adalah salah satu hal yang bisa meningkatkan mood saya. Saat merasa sepi, lagu menjadi teman bagi saya. Ketika sedih melanda, lagu ada untuk menghibur saya. Juga saat semangat melemah, lagu yang tepat bisa menghilangkan semua lelah.


Seajaib itu lagu bagi saya. Sekarang meskipun jarang mendengarkan lagu, saya masih sering menyanyi seorang diri agar merasa bahagia. Terutama saat mengerjakan pekerjaan rumah yang tak ada habisnya. Menyanyi adalah penghiburan yang sangat murah.


Baca juga: 7 Lagu Chrisye Favorit Saya


7 hal itu adalah hal-hal yang paling membuat saya bahagia. Bagaimana dengan kalian? apa yang paling membuat kalian bahagia?


#Hari13
#BPNRamadan2021


You Might Also Like

0 komentar