Kenapa Saya Menulis Blog?

April 14, 2021


Setelah kemarin bercerita tentang sejarah di balik pemilihan nama blog, hari ini saya akan berbagi tentang alasan saya mulai menulis blog. Sebenarnya perjalanan menulis saya hingga punya blog sudah pernah saya sampaikan secara garis besar dalam tulisan saya sebelumnya yang berjudul "One Step Closer: Pra Workshop Blogging Rumbel Menulis IP-Batam". Namun saya belum mengungkapkan alasan awal saya mulai membuat blog.


Alasan Menulis Blog


10 tahun yang lalu pertama kalinya saya membuat blog dalam platform blogspot. Keinginan membuat blog ini berawal dari seringnya membaca blog teman SMA saya, yaitu lituttuttut.blogspot.com yang berisi banyak hal tentang perjalanan hidupnya. Rasanya seru, seperti membaca dairy kehidupan seseorang. Lalu saya berpikir sepertinya menarik jika saya membuat blog juga untuk menyalurkan hobi menulis saya. Apalagi sebelumnya saya juga sudah sering menulis online dalam website bernama Multiply.


Akhirnya lahirlah blog dengan nama asrilestarionjourney.blogspot.com seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya. Blog ini awalnya saya maksudkan untuk menulis segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan saya. Meskipun nyatanya saya lebih banyak menulis tentang cerita jalan-jalan saya selama hidup di Bali.


Sayangnya setelah mempunyai anak, saya sempat vakum selam 3 tahun dan baru mulai aktif menulis lagi di tahun 2019, setelah bergabung dengan komunitas-komunitas menulis. Rasanya senang sekali bisa menulis lagi.


Saat berganti nama, saya sempat ingin mengganti niche blog ini menjadi travelling saja karena selama ini isi blognya lebih banyak tentang jalan-jalan. Karena itu saya membuat blog lain yang bernama catatansangpemimpikecil.blogspot.com untuk menampung tulisan saya yang tidak bertema travelling.


Akan tetapi konsistensi menulis saya tidak berjalan sesuai rencana. Salah satu blog saya tidak terurus ketika saya fokus pada yang lainnya. Akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke tujuan awal menulis blog, yaitu menuliskan segala sesuatu tentang perjalanan hidup saya di sini. Apalagi blog ini sudah TLD, rasanya sayang jika tidak sering diisi.


Manfaat Menulis Blog Bagi Saya


🔸Menyalurkan hobi menulis

Saya yang sejak kecil senang menulis tentang berbagai hal merasa blog ini sangat berguna untuk menyalurkan hobi tersebut. Jika dulu saya menulis dalam diary atau binder, sekarang cukup menuliskannya dalam blog. Lumayan berguna untuk mengurangi penggunaan kertas.


🔸Rekam jejak

Blog ini berisi banyak hal yang sudah saya lakukan dan yang terjadi dalam hidup saya. Ketika membacanya lagi, saya bisa bernostalgia tentang masa-masa yang telah berlalu, sehingga kenangan itu tidak hilang karena sudah saya rekam dalam bentuk tulisan.


🔸Healing

Blog juga merupakan media "curhat online". Dulu puisi adalah media saya untuk melakukan curhat terselubung. Namun sekarang saya lebih senang mengemas curhatan itu dalam bentuk artikel atau cerita pendek. Pastinya setelah mengeluarkan "beban" yang ada di dalam jiwa, hidup kita terasa lebih ringan.


🔸Sarana untuk mengikuti tantangan atau perlombaan

Saat ada tantangan dari komunitas menulis yang saya ikuti, atau perlombaan seperti yang dilakukan BPN saat ini, blog bisa menjadi salah satu media untuk menuliskan tantangan tersebut.


Sebetulnya masih ada salah satu manfaat menulis blog yang ingin saya rasakan, yaitu sebagai sumber penghasilan. Namun sayangnya blog saya belum sampai di tahap itu. Semoga suatu hari hobi menulis saya ini juga bisa menghasilkan uang. Doakan saya, ya!


#Hari2
#BPNRamadan2021



You Might Also Like

0 komentar