Apa Rencana Saya 5 Tahun ke Depan?

April 26, 2021


Berbicara tentang rencana hidup sesungguhnya saya belum punya rencana matang tentang hidup saya sekeluarga karena pekerjaan suami yang masih berpindah-pindah. Seringnya saya berpikir "Bagaimana nanti saja" dengan segala situasi yang serba tidak pasti ini. Namun tentu saja di lubuk hati yang terdalam, saya memiliki beberapa rencana yang saya harap bisa diwujudkan.


Apa saja rencana yang ingin saya wujudkan dalam jangka waktu 5 tahun ke depan? Sini saya bisikin.


Menetap di Bandung

Kenapa Bandung? Karena rumah mertua saya di sana. Selain itu Bandung juga kota yang cukup menyenangkan untuk ditinggali. Meskipun sekarang jalanan di kota ini mulai sering macet dimana-mana.


Saya memang ingin tinggal dekat dengan salah satu orang tua, baik orang tua saya maupun orang tua suami. Namun mengingat di Bandung lebih banyak tersedia fasilitas daripada di Kota Batu, baik pendidikan, kesehatan dan lain-lain, maka saya lebih cenderung memilih Bandung sebagai tempat menetap 5-15 tahun ke depan.


Setelah pensiun baru saya ingin menikmati kesunyian di Kota Batu. Menikmati masa tua di tempat berhawa segar seperti itu terasa sangat menyenangkan. Apalagi jika bisa sambil berkebun di rumah sendiri. Tapi tentu saja itu masih puluhan tahun lagi dan saya tidak tahu apa yang akan terjadi saat itu.


Membeli Tanah dan Membangun Rumah

Sebagai lulusan arsitektur, saya ingin sekali merancang rumah saya sendiri mulai dari 0. Karena itu dibandingkan membeli rumah jadi, saya lebih ingin membeli tanah kavling dan membangunnya sendiri.


Saat ini kami sedang berproses mengumpulkan uang untuk membeli tanah dan mencari lokasi yang kira-kira cocok dengan budget kami. Semoga saja 5 tahun ke depan kami sudah berhasil membeli tanah dan membangun rumah di Kota impian kami. Doakan ya…


Menerbitkan minimal 2 novel solo

Target saya dalam tahun ini adalah menyelesaikan draft novel pertama saya. Dimana harapannya tahun depan saya bisa menerbitkan novel solo saya sendiri. Lalu di tahun 2023-2024 kembali bekerja dengan kerja kedua yang mana bisa saya terbitkan di tahun 2025 atau 2026. Semoga saja rencana saya lancar dan buku saya sukses.


Mengunjungi kota-kota di Indonesia

Ada beberapa kota yang menjadi incaran saya untuk dikunjungi beberapa tahun ke depan. Beberapa kota sudah pernah saya kunjungi dan sebagian lagi belum pernah sama sekali. 


Yogyakarta, Lombok dan Bali adalah destinasi yang sudah pernah saya kunjungi namun masih ingin saya kunjungi lagi dan lagi. Tempat-tempat tersebut begitu indah dan kental akan budaya sehingga menarik jiwa untuk terus menerus merasa rindu.


Selanjutnya ada Padang, Medan, Aceh, Makasar, Labuan Bajo, Semarang dan kota-kota lain di Jawa Barat yang menjadi incaran saya. Kota-kota ini juga terkenal dengan wisatanya yang menarik minat saya untuk berkunjung. Semoga saja pandemi ini segera berakhir dan kami bisa jalan-jalan dengan leluasa lagi.


Mendaftar Haji

Ini salah satu rencana saya dalam 5 tahun ke depan. Sesungguhnya saya masih ragu apakah harus mendaftar haji yang antrinya sudah sampai belasan bahkan puluhan tahun itu, atau yang tanpa jalur antrian. Belum mempelajari lebih jauh sih. Tapi yang jelas tabungan untuk haji akan kami persiapkan dalam 5 tahun ini, beriringan dengan tabungan membangun rumah.


Manusia berencana, Tuhan yang menentukan. Semoga rencana baik saya dimudahkan oleh Allah. Kalaupun tidak, saya yakin Allah punya rencana yang lebih baik. Mari kita berusaha dan berdoa, selebihnya serahkan kepada Allah.


#Hari14
#BPNRamadan2021

You Might Also Like

0 komentar