Apalah Arti Sebuah Nama

April 13, 2021



“What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.”
(William Shakespeare)

“Apalah arti sebuah nama? Andaikata kita memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan beraroma wangi.” Begitulah kira-kira jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia.⁣

Memang benar, bunga mawar meski diganti nama menjadi apapun, dia akan tetap menjadi bunga cantik nan wangi. Namun bagaimana jika diberikan nama berkonotasi negatif kepadanya, misal saja "busuk"? Akan sangat tidak enak didengar dan sangat tidak cocok dengan tampilan cantik yang dia punya, bukan?

Perjalanan Memilih Nama Blog

Seringkali nama adalah harapan bahkan doa yang disematkan kepada seseorang atau sesuatu. Maka kita akan cenderung memilih nama yang indah dan memiliki makna yang baik untuk banyak hal di kehidupan kita.⁣ Hal ini adalah salah satu yang mendasari pemilihan nama blog ini.

Saya yang kurang begitu paham tentang SEO, sama sekali tidak memikirkan hal teknis saat memilih nama untuk blog ini. Saya hanya ingin sebuah nama yang bisa mewakili diri saya, isi blog saya dan membentuk personal branding.

Awal tahun 2020 saya memilih nama "www.asrilestari.com" sebagai nama baru blog saya ini. Awalnya blog ini memiliki nama asrilestarionjourney.blogspot.com yang berisi tentang cerita jalan-jalan saya. Nama ini sudah saya gunakan sejak saya membuat blog ini sekitar tahun 2011. Namun saat ingin menggantinya menjadi TLD, saya memutuskan untuk menggantinya karena saya merasa nama tersebut terlalu panjang.

Kenapa Memilih Nama Asri Lestari?

Asri Lestari sendiri diambil dari nama panjang saya yaitu Asri Muji Lestari dan merupakan versi lebih pendek dari nama sebelumnya. Asri yang berarti indah dan sedap dipandang mata dan Lestari yang berarti tidak berubah atau kekal. Lalu kenapa "Muji" tidak disertakan dalam nama blog? Karena itu adalah nama Bapak saya. Lagipula Asri Lestari terasa lebih keren.  Seperti nama penulis buku favorit saya, Dewi Lestari.

Lagi pula saya merasa menggunakan nama pribadi lebih cocok untuk blog ini, yang sebagian besar isinya adalah segala sesuatu yang terkait dengan hidup saya. Baik tentang keseharian saya, hal-hal yang saya sukai, juga cerita jalan-jalan yang selama ini lebih mendominasi. Karena itu di awal blog tertulis "Asri Lestari: My Life, My Love, My Journey".

Pada awalnya, "My Journey" yang ada pada nama lama blog ini berarti "perjalanan" dalam makna yang luas. Tidak hanya sekedar jalan-jalan, namun juga segala sesuatu yang terjadi dalam "perjalanan" hidup saya. Tapi saya rasa "Asri Lestari" tanpa embel-embel journey pun sudah mewakili semuanya.

Tips Memilih Nama Blog Ala Saya

🔸 Pilih nama yang singkat, unik, mudah diingat dan mudah penulisannya.
Sebetulnya nama Asri Lestari ini kurang unik digunakan karena banyak sekali akun-akun yang menggunakan nama ini. Jangan salahkan saya, nama saya saja yang terlalu pasaran. Tapi tidak masalah, saya tetap suka dengan nama yang saya pilih ini.

🔸Gunakan Nama yang Menggambarkan Isi Blogmu.
Sebaiknya blog memang fokus pada satu tema (niche), seperti parenting, travelling, cooking dan lain sebagainya. Namun sekarang banyak blogger yang menggunakan tema lifestyle untuk blognya. Blog seperti ini biasanya berisi tentang segala hal. Jadi tentukan dulu niche blogmu sebelum memilih nama.

🔸Pakai nama blog yang SEO friendly.
Sejujurnya nama blog saya belum sampai pada tahapan ini. Seharusnya nama blog memiliki kata kunci tertentu untuk memudahkan mesin pencari menemukan blog kita. Contohnya: www.drakorclass.com yang mengandung kata kunci drakor dalam namanya.

Sekian cerita hari pertama tantangan "BPN 30 Day Ramadan" tentang "Arti Nama Blog". Sampai jumpa besok di tulisan berikutnya.

#Hari1
#BPNRamadan2021

You Might Also Like

0 komentar