5 Drama Korea yang Wajib Ditonton

April 18, 2021


Menonton adalah salah satu dari 5 hal yang saya sukai. Empat hal lainnya adalah membaca, menulis, makan dan jalan-jalan. Saya menonton apapun, dari kartun, telenovela, sinetron Indonesia, film India, drama Asia, film box office dan lain sebagainya. Namun khusus untuk serial, sejak kecil saya lebih tertarik menonton serial Asia Timur dibanding serial-serial lainnya. Mulai dari dorama Jepang, drama Hongkong dan Taiwan, hingga Drama Korea.


Saat ini drama Korea adalah salah satu jenis tontonan yang banyak disukai. Banyak remaja, ibu-ibu hingga bapak-bapak yang senang menonton drama satu ini. Apalagi semenjak pandemi. Semakin banyak orang yang menjadi penikmat drama Korea dadakan.


Saya sendiri sudah lebih dari 20 tahun menjadi penikmat drama Korea. Sejak ditayangkannya drama "Autumn in My Heart" (2000) di televisi Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan judul "Endless Love", saya tidak pernah berhenti menonton drama-drama lainnya. Meskipun saya juga masih menonton drama Asia dari negara lain, namun drama Korea tetap memiliki tempat tersendiri di hati saya.


Sudah lebih dari 100 drama yang saya tonton selama 20 tahun itu. Pastinya tidak semua drama membawa kesan mendalam, namun ada pula yang terus mengendap dan tidak bisa saya lupakan. Berikut saya bagikan 5 drama Korea favorit saya yang wajib kalian tonton. Tapi biar tidak terlalu ketinggalan zaman, saya pilih drama di atas tahun 2010 saja, ya.


Rooftop Prince (2012)


Drama yang tayang pada tahun 2012 ini bercerita tentang seorang putra mahkota dari jaman Joseon yang tiba-tiba datang ke masa depan setelah kematian misterius sang istri.


Sang Putra Mahkota, Lee Gak, yang diperankan oleh Park Yoochun itu menjelajah waktu bersama ketiga pengawalnya. Mereka muncul di sebuah rumah atap milik seorang wanita bernama Park-ha (Han Ji-min). Karena tidak memiliki tempat tujuan, akhirnya mereka tinggal disana bersama Park-ha.


Petualangan mereka di dunia baru pun dimulai. Kejadian demi kejadian terjadi dan membantu mereka memecahkan misteri yang terjadi pada kehidupan asli mereka di era Joseon.


I Can Hear Your Voice (2013)


"I Can Hear Your Voice" berkisah tentang Park So Ha (Lee Jong Suk), seorang murid laki-laki yang memiliki kemampuan membaca pikiran orang hanya dengan menatap matanya. Kemampuannya ini muncul setelah tragedi yang dialaminya saat kecil.


Saat kecil Park So Ha dan ayahnya mengalami kecelakaan mobil. Kecelakaan ini membawa mereka pada tragedi lebih besar yang membuat ayahnya meninggal. Bahkan masalah ini masih menghantuinya hingga dia beranjak dewasa.


Dia membantu seorang pengacara wanita bernama Jang Hye Sung (Lee Bo Young) dalam memecahkan kasus-kasusnya. Hye Sung ini juga terhubung dengan masa lalu So Ha.


Signal (2016)


Seorang polisi bernama Park Hae Young (Lee Je Hoon) menemukan sebuah walkie talkie saat sedang mengerjakan sebuah kasus, dan ternyata walkie talkie tersebut menghubungkannya dengan petugas polisi di dimensi waktu yang berbeda. Melalui walkie talkie tersebut mereka menyelesaikan kasus bersama-sama.


Because This is My First Life (2017)


Drama ini bercerita tentang seorang penulis wanita bernama Yoon Ji Ho (Jung So-Min) yang "tidak sengaja" tinggal berdua dalam satu apartemen dengan seorang pria.


Semua berawal ketika Ji Ho kebingungan mencari tempat tinggal baru setelah dia bermasalah dengan adik laki-lakinya. Dalam kebingungan itu salah satu sahabatnya menawarkan sebuah tempat yang bisa disewa tanpa deposit. Tempat itu adalah salah satu kamar di apartemen milik Nam Se Hee (Lee Min Ki). 


Merasa mendapat angin segar, Ji Ho menyetujui segala persyaratan yang diajukan oleh sang pemilik rumah tanpa banyak berpikir. Awalnya Ji Ho mengira bahwa Se Hee adalah perempuan, begitupun sebaliknya, Se Hee juga mengira bahwa Ji Ho adalah laki-laki.


Find Me in Your Memory (2020)


Lee Jung Hoon (Kim Dong Wook) adalah seorang pembaca berita yang menderita hyperthymesia. Ia bisa mengingat setiap kejadian dalam hidupnya sejak kecil dengan sangat mendetail dan tidak pernah melupakan satu kejadian pun. Hal ini membuatnya tersiksa karena harus terus mengingat hal-hal buruk dalam hidupnya.


Suatu hari dia berkenalan dengan seorang aktris bernama Yeo Ha Jin (Moon Ga Young). Berkebalikan dengan Jung Hoon, Ha Jin kehilangan sebagian ingatannya yang terhubung dengan trauma masa lalunya.


Itulah 5 drama Korea yang menjadi favorit saya. Apakah kalian pernah menontonnya? Jika belum silahkan masukkan dalam daftar tontonan kalian.


#Hari6
#BPNRamadan2021

You Might Also Like

2 komentar

  1. Dari 5 drama diatas yang udah aku tonton cuma Signal dan Because This is My First Life, keduanya aku suka banget! Apalagi yang Because This is My First Life, ceritanya tuh termasuk sederhana tapi ntah aku ngerasa ngena banget. Belom lagi 3 pasangannya itu juga gemesin semua dengan segala tingkah dan permasalahan mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka banget itu yang "Because This is My First Life"
      Cerita romance tapi gak bosenin

      Cobain deh drama-drama lainnya. Seru juga lho

      Delete