Pandemi Bukan Halangan Untuk Meraih Mimpi

April 19, 2021


Di tahun 2021 dunia masih diliputi pandemi Covid-19 yang menyerang hampir seluruh negara. Meskipun begitu, dengan segala keterbatasan kita harus tetap bisa menjalani hidup dengan baik dan tetap produktif.


Saya pribadi di tahun ini mulai aktif beraktivitas di luar rumah kembali, meskipun belum seaktif sebelum masa pandemi. Tentu saja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang disarankan oleh tenaga medis dan pemerintah.


Ya, apapun yang terjadi hidup harus terus berjalan. Banyak mimpi-mimpi dan target-target yang harus tetap saya coba untuk wujudkan. Tapi untuk tahun 2021 ini target yang saya buat tidaklah terlalu tinggi. Berikut 5 target teratas yang saya buat untuk direalisasikan di tahun 2021.


Membaca Minimal 30 Buku

Ini target pertama yang saya susun sejak awal tahun. Tahun ini saya ingin membaca minimal 30 judul buku. Baik buku fiksi maupun non fiksi dari berbagai genre. Hal ini saya lakukan untuk memperkaya wawasan saya dalam dunia literasi yang erat kaitannya dengan proses kreatif menulis.


Saat ini saya baru menyelesaikan membaca 8 judul buku dan sedang dalam proses membaca buku ke-9 juga ke-10. Jika ingin tahu buku-buku apa saja yang saya sudah saya baca, silahkan mampir di akun instagram saya yang bernama @kotakata_kita.


Khatam Membaca Terjemahan Al-Quran

Sepanjang 33 tahun hidup saya, saya sudah beberapa kali mengkhatamkan Al-Quran. Namun hanya bacaan arab saja. Belum pernah sekali pun saya tuntas membaca terjemahannya. Padahal penting sekali untuk tahu apa sebenarnya makna yang terkandung dalam setiap ayat-ayat suci yang saya baca.


Karena itu, di tahun 2021 ini saya memasang target untuk khatam membaca terjemahan Al-Quran. Entah kenapa hal ini terasa tidak mudah. Namun semoga saja Allah membukakan hati saya sehingga saya bisa menyelesaikan target ini dengan baik.


Mengunjungi Orang Tua

Sudah lebih dari satu tahun saya tidak bertemu dengan orang tua di Batu dan di Bandung. Terakhir kali saya pulang ke Batu adalah lebaran tahun 2019 dan belum bertemu lagi dengan Ibu sejak kunjungan terakhirnya ke Batam di akhir tahun 2019. Sedangkan kunjungan kami ke Bandung terlahir kali adalah bulan Januari 2020.


Rasa rindu tentu saja sudah membuncah di dalam dada saya sekeluarga. Karena itu kami berencana untuk pulang di paruh kedua tahun 2021 ini. Meskipun sebetulnya masih ragu karena pandemi belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Namun kami tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Semoga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Allah melindungi kami sekeluarga dari sakit dan marabahaya.


Memulai Investasi

Setelah tahun lalu berjuang mengumpulkan dana darurat sebesar 6x pengeluaran bulanan, tahun ini saya berpikir untuk memulai investasi. Investasi ini kami alokasikan sebagai dana pendidikan anak serta dana pensiun saya dan suami. Tentu saja investasi ini untuk jangka panjang di atas 10 tahun.


Untuk jenis investasi apa yang akan saya pilih sejujurnya saya masih belum menentukan. Saya dan suami sedang mempelajari kira-kira investasi apa yang cocok dengan kami. Semoga segera kami temukan titik terang agar uang kami tidak hanya mengendap di tabungan.


Menulis Draft Novel Solo

Target awal saya adalah menerbitkan buku solo di tahun 2021 ini. Rencananya dalam bentuk kumpulan cerita. Namun sepertinya saya ingin mengganti target tersebut. Alih-alih menerbitkan kumpulan cerita, saya ingin menulis sebuah novel.


Jadi target saya pun berubah. Tahun ini cukup sampai menyelesaikan draftnya saja dulu karena novel lebih membutuhkan studi mendalam dibandingkan kumpulan cerita. Untuk proses penerbitan dan lain-lain kita pikirkan lagi tahun depan.


Itulah target yang ingin saya raih di tahun 2021 ini. Meskipun tampak sederhana, namun saya tahu itu bukan hal yang mudah untuk diwujudkan, apalagi di masa pandemi begini. Namun pandemi bukan alasan untuk kita berhenti mewujudkan mimpi. Semoga Allah mudahkan jalan saya untuk menuntaskan semua target tersebut dengan baik dan lancar tanpa hambatan yang berarti. Aamiin…


Apa target kalian di tahun 2021 ini? Sharing dong di kolom komentar.


#Hari7
#BPNRamadan2021

You Might Also Like

0 komentar