10 Wisata Korea Selatan yang Layak Dikunjungi

October 07, 2020

Penikmat Drama Korea pasti sudah biasa disuguhi tempat-tempat indah yang menjadi latar belakang berbagai adegan dalam sebuah drama. Beberapa tempat itu memang memiliki pemandangan yang indah dan memiliki keunikan sendiri. Tidak bisa dipungkiri, drama dan film bisa menjadi salah satu alat promosi pariwisata di sebuah daerah bahkan negara. Saking seringnya melihat keindahan-keindahan yang ditampilkan, keinginan untuk berkunjung ke Korea Selatan semakin lama semakin membuncah. 


Kebetulan topik terakhir di tantangan Drakor dan Literasi kali ini adalah "Kalau ke Korea setelah jadi drakorian, pengen lihat apa saja/ngapain saja?" Karena saya belum pernah sama sekali berkunjung kesana, maka saya akan berangan-angan dan membuat rencana tempat-tempat apa saja yang ingin saya kunjungi. Siapa tahu dengan menuliskannya, suatu hari nanti mimpi itu bisa terwujud dengan indah.


Seperti biasa jika berkunjung ke sebuah daerah, ada tiga hal yang menarik perhatian saya. Pertama adalah wisata alam, kedua adalah wisata budaya, dan ketiga wisata ikonik. Sayangnya jika ke Korea Selatan saya tidak bisa puas menikmati kulinernya. Bukannya saya tidak ingin, tapi pastinya kuliner yang bisa saya coba terbatas. Selain karena batasan makanan halal, juga batasan masakan pedas karena saya tidak terlalu suka makanan pedas. Sepengetahuan saya banyak makanan Korea yang memiliki citarasa pedas. 


Jadi dalam tulisan ini saya ingin fokus pada wisata alam, budaya dan ikonik saja. Karena saya belum pernah ke Korea Selatan, informasi-informasi yang saya tampilkan di bawah adalah hasil browsing di google dan media sosial tentunya. Apa saja wisata yang menarik hati saya? Baca sampai habis, ya.


WISATA ALAM

Daya tarik alam selalu tak ada habisnya. Dari dataran tinggi hingga dataran rendah, dari gunung hingga laut, Korea Selatan mempunyai hampir semua pesona itu.


Pulau Jeju


Pantai Hyeopjae Pulau Jeju

Sumber : Instagram @kk_rin


Sejak menjadi penikmat drama Korea, sering sekali saya menonton drama yang mengambil setting lokasi di Pulau Jeju. Mulai dari Boys Before Flowers, Heartstrings, Orange Marmalade, Playfull Kiss, Lie to Me dan lain sebagainya. Setiap adegan berlatar belakang Pulau Jeju yang ada dalam drama-drama ini, membuat saya ingin sekali berkunjung kesana. Apalagi setelah melihat foto-foto yang ada di media sosial. Birunya laut di kejauhan, pasir putih, batu-batu karang dan air laut yang jernih sungguh indah dipandang mata. Sebagai pecinta pemandangan laut dan pantai, rasanya Pulau Jeju tidak boleh dilewatkan.


Nami Island


Pemandangan 4 Musim Nami Island

Sumber :

ourlittlesmarties.com/2016/09/nami-island-namiseom/amp/



Nami Island terkenal lewat drama Winter Sonata. Landscape pulau ini begitu indah. Apalagi deretan pepohonan super tinggi yang tertata rapi di sana. Sangat cocok sebagai lokasi foto. Pulau ini cantik di semua musim. Saat musim semi, pulau ini begitu berwarna-warni. Berbeda lagi saat musim panas, warna hijau dan coklat mendominasi seluruh pulau. Saat musim gugur tiba, pulau ini berubah nuansa menjadi kuning merah dan dan coklat. Lalu semua menjadi putih saat musim dingin datang. Saya sendiri suka tampilan pulau ini di musim gugur dan musim dingin.


Danau Cheonjuho Pocheon Art Valley


Danau Cheonjuho

Sumber : Instagram @film_bbu



Lokasi wisata yang satu ini saya tahu ada dalam drama Hwayugi dan Legend of The Blue Sea. Tempatnya indah, dihiasi tebing-tebing tinggi yang menjulang. Awalnya lokasi ini adalah tambang granit, lalu oleh pemerintah disulap menjadi taman yang cantik.


WISATA BUDAYA

Korea Selatan adalah negara yang cukup kental budayanya. Mulai dari arsitektur tradisional, pakaian tradisional, makanan tradisional, musik dan kesenian, hingga sejarah. Sayang sekali jika berkunjung kesana namun tidak menikmati keindahan budayanya.


Korean Folk Village


Korean Folk Village

Sumber : Instagram @se_jin_jang


Tempat wisata ini sudah sering sekali digunakan sebagai lokasi syuting drama Korea bertema saeguk (kerajaan). Sebut saja Jewel in The Palace Sungkyunkwan Scandal, The Moon That Embrace The Sun, dan 100 Days My Prince. Keempat drama tersebut menggunakan lokasi ini sebagai latar beberapa adegannya.


Korean Folk Village adalah sebuah lokasi wisata yang menunjukkan situasi perkampungan Korea Selatan pada zaman dahulu, terutama pada masa dinasti Joseon. Selain menikmati suasana sebagai rakyat Joseon, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan yang berbeda di setiap musimnya, seperti musik petani, seni bela diri dengan menunggang kuda hingga upacara pernikahan tradisional


Gyeongbokgung Palace


Gyeongbokgung Palace

Sumber : Instagram @jacqueline.vida


Seperti Korean Folk Village, Gyeongbokgung Palace juga sering digunakan sebagai lokasi syuting drama kerajaan. Jika Korean Folk Village adalah wilayah perkampungan rakyat, Gyeongbokgung Palace biasanya dipakai sebagai kompleks kerajaan, tempat raja dan keluarga tinggal di dalamnya. Rooftop Prince, The Moon That Embrace The Sun, dan Queen In Hyun’s Man adalah beberapa drama pernah melakukan pengambilan gambar di istana ini.


Gyeongbokgung Palace merupakan istana yang dibangun pada tahun 1395. Istana yang terletak di sebelah utara Kota Seoul ini merupakan istana terbesar dan utama dari dinasti Joseon. Jika berkunjung kesini saya akan menyewa hanbok yang cantik lalu berjalan-jalan di sekeliling istana bak putri kerajaan. Halu, deh!


Bukchon Hanok Village


Bukchon Hanok Village

Sumber : Instagram @pic_journey


Bukchon Hanok Village merupakan kompleks perumahan tradisional Korea yang disebut “Hanok”. Kompleks perumahan yang terletak di tengah modernnya kota Seoul ini dulunya adalah rumah-rumah bangsawan pada zaman dinasti Joseon. Tempat ini pernah menjadi lokasi syuting drama Personal Taste. Jika berkunjung kesini saya ingin mencoba menginap di Hanok Homestay. Sesekali merasakan sensasi tidur di rumah tradisional Korea Selatan.


WISATA IKONIK

Selain wisata alam dan budayanya, Korea Selatan juga memiliki beberapa lokasi wisata ikonik, yang mana ketika kita melihatnya, kita langsung ingat dengan negara ginseng ini.


Namsan Tower


Namsan Tower

Sumber : Instagram @namsanseoultower


Penggemar drama Korea mana yang tidak mengenal Namsan Tower? Tower yang satu ini sering sekali muncul dalam adegan-adegan drama. Baik adegan yang langsung berlokasi disana maupun hanya adegan memandangnya dari kejauhan. Drama yang paling mengingatkan saya pada lokasi ini adalah Boys Before Flowers dan My Love From The Star yang baru saya tonton ulang dalam beberapa bulan terakhir ini. 


Di tempat ini pengunjung bisa menikmati Kota Seoul dan semenanjung Korea dari ketinggian. Indah sekali pemandangannya. Pengunjung juga bisa menggunakan cable car untuk menikmati pemandangan tersebut. Keren, kan? Tapi hal yang paling ingin saya lakukan disini adalah makan malam di restoran sambil menikmati pemandangan lampu-lampu kota dari ketinggian. Pasti romantis.


Cheonggyecheon


Cheonggyecheon

Sumber : Instagram @free.lee



Cheonggyecheon adalah adalah aliran sungai yang berada di pusat Kota Seoul. Tempat ini sangat populer bagi orang-orang yang ingin bersantai terutama di sore dan malam hari. Saya sering melihat foto tempat ini di media sosial dan tertarik untuk berkunjung kesana seandainya ada kesempatan berkunjung ke Kota Seoul. Terakhir saya melihat sungai ini muncul sekilas dalam drama Find Me In Your Memory.


Ilsan Lake Park


Ilsan Lake Park

Sumber : Wikimapia



Salah satu tempat yang paling banyak digunakan sebagai lokasi syuting drama Korea. Jika harus menyebutkan drama apa saja yang pernah mengambil latar di taman ini, pasti panjang sekali daftarnya. Yang saya ingat taman ini muncul dalam dua drama terakhir yang saya tonton yaitu Hyde Jekyll and Me dan My Love From The Star.


Salah satu daya tarik yang membuat saya ingin berkunjung kesini adalah danau yang ada disana. Sebagai pecinta wisata yang berbau air, rasanya akan sangat nyaman duduk disana memandang air yang tenang di danau yang luas itu. Selain itu di musim semi taman ini dipenuhi dengan bunga-bunga sakura yang indah. Berjalan di bawah pohon sakura yang bermekaran adalah salah satu impian saya. 


Gwanghwamun Plaza


Patung Raja Sejong

Sumber : Instagram @vickys.view



Gwanghwamun Plaza adalah sebuah ruang terbuka umum yang ada di Kota Seoul. Saya melihatnya dalam drama Memories of The Alhambra. Di tempat ini pengunjung bisa melihat patung dari Laksamana Yi Sun Sin dari Dinasti Joseon serta Raja Sejong yang Agung dari dinasti Joseon.  Lokasi plaza ini berdekatan dengan Gyeongbokgung Palace.


Patung Laksamana Yi Sun Sin

Sumber : Instagram @gilchiway



Itulah tempat-tempat yang ingin saya kunjungi di Korea Selatan. Tapi sebelumnya saya punya pertanyaan buat teman-teman yang pernah berkunjung kesana. Harus berapa lama saya di Korea Selatan jika ingin mengunjungi semua tempat itu? Paling baik berkunjung di musim apa jika ingin menikmati wisata-wisata yang saya sebutkan? Beri masukan, ya.


Usai sudah tantangan 30 topik menulis tentang ke-Korea-an dari WAG Drakor dan literasi. Jika ingin membaca topik lain dari tantangan ini silahkan berkunjung ke blog saya yang lain, yaitu catatansangpemimpikecil.blogspot.com

You Might Also Like

2 komentar