Makan Enak dan Murah di RM. Seafood Jawa Melayu 2

January 22, 2022


Jika bertanya di mana tempat makan seafood di Batam yang enak dan murah? Maka seperti kebanyakan orang yang telah lama tinggal di Batam, saya akan merekomendasikan RM. Seafood Jawa Melayu 2 yang terletak di Kampung Tua Tanjung Piayu. Meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota, namun saya jamin perjalanan tersebut tidak akan mengecewakan.


Tempat makan ini sudah lama menjadi incaran saya karena banyak sekali teman yang merekomendasikannya, termasuk suami saya yang sudah lebih dulu bertandang ke sana bersama rekan-rekan kerjanya. Beruntunglah sebelum pindah dari Batam salah seorang teman mengajak jalan-jalan perpisahan kesana. Tentu saja ajakan tersebut saya sambut dengan tangan terbuka.


Baca juga: Mencoba Restoran Seafood Terkenal di Batam


Untuk sampai ke sana kami menempuh perjalanan sekitar 30 km dari rumah kami di Tiban. Dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Perjalanan ini cukup menyenangkan karena selama hampir 3 tahun tinggal di Batam saya belum pernah melewati apalagi berkunjung ke area Piayu.


Kami sampai di sana tengah hari pada saat jam makan siang. Namun karena kami datang di hari kerja, rumah makan tersebut sangat lengang, bahkan nyaris kosong.  Hanya ada sepasang suami istri dengan satu anak yang duduk di bangku yang dekat dengan laut. Akan tetapi menurut kabar yang saya dapatkan, saat akhir pekan atau musim liburan restoran ini terkenal ramai. Terutama sebelum pandemi datang.


Kami pun segera memilih meja dan tidak lama pengelola rumah makan tersebut menghampiri kami dengan membawa buku menu, lalu kami pun mulai memesan makanan.

Suasana rumah makan yang kosong

Seperti biasa menu makanan di restoran seafood semacam ini tidak mencantumkan harga. Jadi jangan sungkan untuk menanyakan kisaran harga untuk setiap menu yang kalian pesan. Agar tidak kaget saat membayar nantinya. Apalagi jika ternyata rumah makan tersebut hanya menerima sistem pembayaran tunai seperti yang saya alami di sebuah rumah makan di ujung Barelang sana. Rumit kan jika ternyata uang tunai di dompet kita tidak mencukupi.


Baca juga: Berburu Seafood sampai ke Ujung Pulau


Tenang saja, biasanya mereka akan memberikan kisaran harga per ons dari menu yang kita pesan, juga berapa kira-kira berat setiap porsi menu yang kita pesan. Misal kita memesan ikan, makan mereka akan menyebutkan ikan yang mereka miliki berkisar antara berat sekian hingga sekian ons, dan harga per onsnya sekian rupiah. Jadi kita bisa memperkirakan ikan mana yang sesuai dengan budget kita. Kecuali kalian datang dengan budget tak terbatas hehehe.

Ikan-ikan diambil dari sini lalu disimpan di
bak-bak penampungan yang ada di dekat dapur

Sambil menunggu makanan dimasak saya mengambil foto di sekitar rumah makan, sedangkan para anak-anak sibuk melihat-lihat ikan, kepiting, rajungan dan hewan laut lainnya yang ada di bak-bak penampungan (seperti kolam atau akuarium kecil). Itulah senangnya makan di “kelong” (Sebutan untuk rumah makan yang terletak di dekat pantai atau laut), bahan-bahan yang digunakan sebagian masih sangat segar.


Baca juga: Sensasi Pertama Menikmati Gonggong di Gerai Melayu 2M


Siang itu kami memesan rajungan saus asam pedas, udang goreng tepung, cumi saus telur asin, ikan asam manis (saya lupa ikan apa, sepertinya kerapu), capcay dan plecing kangkung. Begitu makanan datang kami segera menyantapnya. Semuanya terasa pas di lidah saya. Terutama cumi saus telur asinnya. Saya belum pernah memakan makanan dengan label “saus telur asin” seenak itu. Tidak salah jika rumah makan ini direkomendasikan oleh banyak orang.

Makanan yang kami pesan
(nasi di termos pink tidak terfoto)


Puas dengan makanan yang dihidangkan, saya menutup acara makan siang itu dengan minum kelapa muda. Seafood, kelapa muda, dan laut adalah perpaduan yang sempurna.


Sebelum pulang kami menyempatkan diri berfoto-foto sejenak di bagian belakang restoran yang berbentuk seperti dek belakang sebuah kapal. Dimana pengunjung bisa duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan laut lepas. Sepertinya memang tempat ini adalah spot foto yang paling menarik di restoran ini.

Spot foto favorit di rumah makan ini


Tidak salah jika rumah makan ini mendapat predikat rumah makan yang enak dan murah. Untuk sekian banyak pesanan kami hari itu, saya hanya perlu membayar sekitar 400 ribu rupiah (Saya lupa pastinya, tapi yang pasti tidak sampai 500 ribu). Cukup murah untuk makan 4 orang dewasa dan 2 anak-anak.


Baca juga: Pesona Jembatan Barelang Kota Batam


Jembatan Barelang yang tinggal kenangan


Sepulang dari Tanjung Piayu kami tidak langsung pulang dan memutuskan mengunjungi Jembatan Barelang untuk terakhir kalinya. Kami mengambil beberapa foto di jembatan tersebut sebagai kenang-kenangan sebelum meninggalkan Kota Batam untuk selama-lamanya (mungkin).


*****


RM Seafood Jawa Melayu 2

Kampung Tua Tj. Piayu Laut, Tj. Piayu

Kec. Sei Beduk, Kota Batam, Kepulauan Riau

081275004755


You Might Also Like

0 komentar