Jenuh Menulis? Lakukan Hal Ini Agar Terinspirasi Kembali

April 23, 2021


Meskipun senang dengan kegiatan menulis, namun ada kalanya saya merasa jenuh dan tidak tahu harus menulis apa. Memang kebuntuan ide seperti ini seringkali terjadi dan sangat wajar terjadi. Kebuntuan ide ini dikenal juga dengan istilah writer's block.


Writer's block biasanya ditandai dengan kesulitan untuk fokus, tidak mendapatkan inspirasi, terus menerus merasa stres dan pikiran kosong.  Disaat seperti itu biasanya saya perlu menyegarkan diri kembali dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.


Ada beberapa kegiatan yang biasa saya lakukan untuk menyegarkan diri sekaligus mencari inspirasi untuk menulis. Apa saja itu? Simak baik-baik, ya.


Membaca

Membaca adalah kegiatan pertama yang akan saya lakukan ketika mulai merasa jenuh. Tidak hanya buku, artikel berita, blog orang, bahkan update media sosial teman-teman pun terasa menyegarkan. Tak jarang dari membaca ini saya menemukan banyak ide untuk ditulis kembali. Mulai review buku, cerpen, sampai tulisan berisi curahan hati atau buah pemikiran terhadap suatu isu atau masalah.


Menonton

Jika bosan atau kehabisan bahan bacaan, menonton adalah pelarian saya berikutnya. Dari kegiatan menonton ini pun seringkali muncul banyak ide untuk ditulis, mulai review tontonan, para aktor dan aktrisnya, hingga pelajaran-pelajaran yang bisa saya ambil dari apa yang sudah saya tonton. Namun menonton tidak harus selalu film atau serial, channel youtube pun bisa menjadi bahan tulisan yang menarik.


Melihat-lihat foto di ponsel

Dengan membuka kembali kumpulan foto yang kita punya, memori-memori yang telah lama berlalu akan hadir kembali. Misal melihat foto bersama keluarga, makanan yang pernah kita makan, tanaman-tanaman yang pernah kita lihat atau rawat, tempat-tempat yang pernah kita kunjungi, atau apa saja. Dari sana bisa jadi sebuah ide tiba-tiba muncul. Ide kegiatan bersama anak, curahan kerinduan, hingga artikel jalan-jalan biasanya akan muncul setelah saya melakukan kegiatan ini.


Mengamati lingkungan sekitar

Ini kegiatan yang sangat sederhana tapi banyak manfaatnya. Tak harus bepergian jauh, sekedar berdiri di teras atau berjalan-jalan di sekitar rumah sudah bisa membuat badan segar kembali. Melihat hewan, langit, tumbuhan dan orang-orang beraktifitas pun bisa menjadi salah satu pemicu munculnya ide menulis.


Bagi saya, kegiatan ini sangat cocok dilakukan saat saya ingin menuliskan sebuah cerita pendek. Mengamati lingkungan memunculkan banyak ide cerita menarik yang tak terduga.


Berkhayal

Ini adalah jurus terakhir namun sering saya lakukan dimana pun dan kapan pun. Baik saat melakukan pekerjaan rumah, mandi, naik kendaraan bahkan sebelum beranjak tidur. Saat merasa bosan, tiba-tiba pikiran saya seperti terseret ke alam lain dan tidak lagi berpijak di dunia nyata. Hal ini membuat saya tidak merasa jenuh meski harus melakukan pekerjaan yang monoton. Berkhayal bagi saya yang suka menulis fiksi adalah latihan imajinasi yang sangat ampuh.


Nah saat mengalami kejenuhan saya juga sering berdiam diri sambil berkhayal seperti ini agar merasa lebih tenang. Apalagi jika dilakukan saat sendiri sambil menikmati minuman favorit. Rasanya lega ketika pikiran bebas melanglang buana kemana saja sesuka hati. Biasanya kegiatan ini akan memunculkan sebuah tulisan dengan isi tentang pemikiran mendalam atau cerita pendek hasil imajinasi saya.


Nah, itulah beberapa kegiatan yang biasa saya lakukan saat merasa jenuh dan berhasil memunculkan inspirasi untuk menulis kembali. Silahkan dicoba bagi yang sedang mengalami kebuntuan ide. Semoga bisa membantu.


Apakah kalian ada ide kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi writer's block ini? Yuk, berbagi di kolom komentar.


#Hari11
#BPNRamadan2021

You Might Also Like

0 komentar