Pantai Setokok, Destinasi Pilihan Dekat Jembatan Barelang

November 25, 2020

Pantai Setokok adalah sebuah pantai yang terletak di Pulau Rempang, kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Pantai ini berlokasi tidak jauh dari jembatan 3 Barelang. Kami berkunjung ke sana di hari yang sama dengan kunjungan pertama kami ke Jembatan Barelang, yaitu pada tanggal 24 Desember 2018. Sudah hampir dua tahun yang lalu ternyata, ya.


Baca juga : Pesona Jembatan Barelang Kota Batam


Memang perjalanan hari itu diniatkan sekaligus mencari pantai yang berada di dekat jembatan 1 Barelang. Dalam perjalanan menyusuri trans Barelang, kami melihat papan penanda besar yang bertuliskan "Pantai Setokok". Lalu saya mencari ulasannya di Google. Menurut ulasan, pantainya itu cukup bagus. Akhirnya kami putuskan untuk pergi ke sana. Jarak Pantai Setokok dengan jembatan ikonik ini memang tidak terlalu jauh. Hanya sekitar 9 km saja.

Tanaman bakau di sekitar pantai

Kami tiba disana sekitar pukul 09.00 WIB, tapi panas matahari sudah cukup terik. Jadi, kami segera bergegas memenuhi keinginan si bocah cilik untuk bermain air. Sayang sekali kami datang ketika air sedang pasang, sehingga kami tidak bisa menikmati hamparan pasirnya. Saat itu pantainya tampak seperti kolam renang. Padahal menurut artikel dan foto-foto yang saya lihat, pantai itu memiliki hamparan pasir putih yang cantik, dan di tengahnya ada gundukan pasir besar yang posisinya berubah-ubah sesuai arah angin.

Pantainya seperti kolam renang besar saat pasang

Saya tidak tahu pasti bagaimana kondisi pantai ketika air laut surut karena hanya melihat dari foto-foto yang diunggah orang lain saja. Gundukan pasir itu masih terlihat di tengah laut, dan ada beberapa orang yang bermain di sana. Tampaknya air laut tidak terlalu dalam meskipun sedang pasang. Namun, ketika air pasang, saya merasa pantai ini kurang menarik. Apalagi saat itu di sekitar gazebo masih terlihat kotor. Mungkin baru mulai dibersihkan karena saat itu ada ibu-ibu yang menyapu sekaligus membersihkan gazebo.

Banyak sampah

Memang di sepanjang pantai ini juga ada deretan gazebo sebagai tempat beristirahat. Tampaknya gazebo adalah ciri khas pantai-pantai di Batam. Dulu di Bali tidak saya temukan fasilitas semacam ini. Saya tidak tahu tarif gazebo disini karena tidak tertulis dan tidak pula saya tanyakan. Tapi menurut artikel yang saya baca, tarifnya tidak terlalu mahal. Hanya sekitar Rp 30.000,00 saja.

Gazebo dan halamannya sedang dibersihkan


Baca juga : Viovio Beach, Pantai Berpasir Putih yang Memukau


Kami hanya bermain air sekitar dua jam di sana karena anak saya mulai lelah dan mengantuk. Setelah membersihkan dan mengganti pakaian si anak, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menyusuri rute jalur trans Barelang. Kami tidak menggunakan kamar ganti maupun kamar mandi sehingga tidak tahu bagaimana kondisinya. Namun fasilitas itu tersedia di pantai ini.

Ada gundukan pasir di tengah laut seperti pulau kecil

Pantai Setokok adalah pantai ke-5 yang kami kunjungi di Batam dan kami yakin daftar ini masih akan terus bertambah karena jumlah pantai di Batam memang cukup banyak. Tentu saja hal ini adalah pesona Kota Batam yang sangat membahagiakan bagi pecinta pantai seperti saya. Jangan bosan membaca cerita perjalanan saya, ya. Terima kasih sudah meluangkan waktunya.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wihh asyiknya sudah menyambangi banyak pantai di Batam ya, Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya mbak. Tinggal di pulau kemana-mana ujungnya pantai soalnya

      Hiburan orang pulau

      Delete