Balangan Beach

June 02, 2013

Bali merupakan salah satu pulau eksotis yang dimiliki Indonesia. Banyak destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan asing maupun domestik setiap tahunnya. Saya sendiri sudah jatuh cinta sejak kecil dengan pulau ini. Karena kebetulan salah satu saudara saya menetap di Bali, jadi semenjak SD hampir setiap liburan sekolah saya habiskan disini. Akan tetapi keindahan alam dan budayanya seperti tak pernah surut menarik minat saya untuk mengenal lebih dalam.

Kebetulan dua tahun terakhir ini saya mendapat kesempatan bekerja di Bali, jadi saya bisa mengeksplorasi Bali lebih dalam, walaupun belum semuanya. Sesekali ditengah kesibukan saya menyempatkan berjalan-jalan bersama teman-teman atau keluarga. Kerja di kontraktor hampir tidak mempunyai waktu luang. Setiap hari kerja sampai larut malam. Tanggal merahpun seringkali masih diharuskan masuk.

Destinasi terbaru yang saya kunjungi adalah Pantai Balangan. Pantai ini terletak di daerah Ungasan, Bali. Pantai ini memang belum seterkenal Pantai Dreamland atau Kuta, tapi keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai tersebut. Sebenarnya dua tahun yang lalu saya sudah pernah berkunjung kesini. Karena waktu itu belum sempat menjelajah keseluruhan lokasi, saya memutuskan kembali berkunjung kesini.

Pantai Balangan dari atas tebing (by : Asri Lestari)

Pantai Balangan bisa ditempuh dengan menggunakan mobil atau motor. Jalur kesana lumayan bagus, jalan aspalnya mulus, tapi untuk ditempuh menggunakan bis sepertinya cukup sulit karena jalannya tidak terlalu lebar. Saya sendiri lebih senang menggunakan motor karena praktis.

Jalanan yang saya tempuh cukup lengang karena pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Hanya beberapa turis asing dengan papan surfingnya yang saya temui di sepanjang jalan. Tidak terlalu sulit menemukan pantai ini, tidak seperti dua tahun yang lalu, karena sekarang sudah terpasang papan penunjuk jalan Balangan Garden Bungalows.

Saya sampai disana sekitar pukul 8.30 WITA, saat itu cuaca sedikit  mendung sehingga foto-foto yang diambil berlatar belakang awan gelap. Tapi saya cukup senang cuaca hari itu. Karena saya tidak perlu berpanas-panas dan bebas berjalan kesana kemari sesuka hati.

Yang pertama saya kunjungi adalah tebing yang terletak di samping kanan area parkir karena posisinya lebih dekat dan saya belum pernah kesana sebelumnya. Dari tebing tersebut saya bisa melihat pemandangan laut lepas yang sangat menakjubkan. Saya juga menemukan beberapa orang yang sedang melakukan sesi pemotretan untuk acara prewedding. Spot ini memang cukup bagus, karena keseluruhan pantai balangan bisa terlihat dari sini. Selain itu di sisi lain pantai saya juga melihat beberapa orang yang sedang asik memancing.

Tebing sebelah kanan (by : Asri Lestari)

View dari tebing kanan : Pantai tempat memancing (by : Asri Lestari)

Di tebing sebelah kanan ini juga terdapat padang rumput yang cukup luas, dimana beberapa ekor sapi sedang asik merumput. Sesaat saya membayangkan sedang berada di padang rumput di afrika sana, dengan hewan-hewan liar yang berkeliaran bebas.

Padang rumput di tebing kanan (by : Asri Lestari)

Setelah puas berkeliling dan berfoto-foto di tebing kanan, saya mampir dulu ke tebing sebelah kiri. Disini cukup sepi karena berhubungan langsung dengan Hotel Balangan Garden Bungalows. Kemungkinan wisatawan sedikit enggan berjalan-jalan disini, selain itu spot dari tebing sebelah kiri ini tidak sebagus spot dari tebing sebelah kanan. Saya hanya singgah sebentar untuk sekedar melihat-lihat dan mengambil beberapa foto, kemudian saya lanjutkan turun ke pantai.

View dari tebing kiri : Area berjemur Balangan Garden Bungalows (by : Asri Lestari)

Ada dua jalur menuju pantai. Jalur utama yang terhubung langsung dengan area parkir dan jalur dari tebing kiri ini. Jalur di tebing kiri ini sepertinya dikhususkan untuk pengunjung hotel, sehingga saya memutuskan untuk menggunakan jalur utama. Perjalanan turun ke pantai tidak terlalu jauh. Hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit saja.

Sesampainya di pantai saya disambut oleh deburan ombak yang cukup kencang, karena hari itu laut sedang pasang. Saya sedang tidak ingin barbasah-basahan, sehingga saya mencari lokasi yang lebih tinggi untuk sekedar duduk-duduk dan berfoto-foto.

Ada tangga naik ke arah tempat peristirahatan hotel. Tempat peristirahatan ini tidak berpasir seperti pantai dibawah. Tanahnya berlapis rumput subur, dengan pohon-pohon kelapa di sepanjang jalan setapak. Terlihat beberapa wisatawan asing sedang berjemur. Saya mengambil beberapa foto dan kemudian duduk diam di bawah salah satu pohon kelapa.

Tempat peristirahatan Balangan Garden Bungalows (by : Asri Lestari)

Jajaran pohon kelapa di sepanjang jalan setapak (by : Asri Lestari)

Wisatawan asing yang sedang asik berjemur (by : Asri Lestari)

Ini kegiatan yang paling saya sukai, duduk diam di pinggir pantai sambil menikmati deburan ombak dan semilir angin. Memperhatikan wisatawan lain yang sedang asik dengan kegiatan masing-masing. Ada yang asik berenang, berselancar, bermain pasir atau sekedar duduk-duduk seperti yang saya lakukan.

Sekitar pukul 11.30 WITA saya beranjak pulang, karena matahari semakin terik dan perut juga sudah keroncongan minta diisi kembali hehehehe. Sampai jumpa di cerita perjalanan saya berikutnya :)