Sensasi Pertama Menikmati Gonggong di Gerai Melayu 2M


Gonggong? Apa itu? Mungkin banyak teman-teman di luar sana yang bertanya apa itu gonggong. Gonggong adalah biota endemik sejenis siput laut yang hidup di perairan Kepulauan Riau (Kepri). Gonggong termasuk salah satu kuliner primadona di wilayah Kepri yang sering dicari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Penampakan Gonggong

Saya pertama kali bersapa dengan gonggong ketika acara pembubaran panitia Workshop Anger Management yang diadakan oleh Ibu Profesional Batam pada tanggal 2 November 2019 lalu. Kami menggelar acara makan bersama di sebuah kelong tepi laut di wilayah Mentarau yang bernama Gerai Nelayan 2M. Ini bukan kunjungan pertama saya kesana, sebelumnya saya sudah pernah makan disana bersama suami dan Yoshi, namun di kunjungan pertama itu saya tidak memesan gonggong.


Kunjungan pertama bersama suami dan Yoshi

Pada awalnya saya ragu-ragu mencoba menu yang satu ini. Namun karena penasaran, akhirnya saya mencoba satu. Ternyata lumayan enak bagi lidah saya. Seperti apa rasanya? Kalau menurut pendapat saya pribadi rasanya mirip dengan daging kepiting, namun lebih kenyal seperti daging cumi. Untuk mengeluarkan daging gonggong dari cangkangnya, cukup dengan menarik kakinya yang menjulur keluar. Kaki tersebut sepintas mirip dengan mata pisau. Bagian kaki ini keras, sehingga harus dibuang saat memakannya.
Makanan yang di pesan

Hari itu selain gonggong kami juga memesan udang asam manis, ayam bawang, rajungan saus telur, soto selar, ikan lebam bakar, sotong (cumi) goreng tepung, tumis toge dan es kelapa muda. Secara garis besar semua menu yang disajikan enak. Hanya saja saya kurang cocok dengan kuah soto selar dan ayam goreng bawangnya. Soto selar daging ikannya enak, hanya saja kuahnya terlalu kuat rasanya di lidah saya. Entah terlalu banyak penyedap atau apa. Untuk ayam bawang rasanya juga enak, hanya teksturnya yang terasa terlalu keras. Bahkan Yoshi tidak bisa mengunyahnya. Namun overall saya merekomendasikan Gerai Nelayan 2M ini bagi teman-teman yang ingin makan menu seafood sambil menikmati laut. Makanannya sebagian besar enak, harganya murah tempatnya pun bersih dan nyaman.
(ternyata) Perpisahan Mbak Desty

Senang sekali bisa berkumpul dengan teman-teman hari itu. Angin semilir dan gerimis kecil yang turun menambah syahdu suasana. Namun ada satu hal yang membuat saya sedih, saya tidak tahu bahwa hari tersebut adalah hari terakhir saya berkumpul dengan salah satu rekan saya, Mbak Desty Pujianti, yang pada tanggal 9 November 2019 kemarin, pindah ke luar Batam. Semoga masih diberi kesempatan untuk berjumpa lagi dengan beliau di lain kesempatan.


**********
Lokasi :
Gerai Nelayan 2M
Mentarau RT 1/ RW 1, Patam Lestari
Sekupang, Batam


Comments

  1. Wah aq rindu gonggong. Pertama kali icip waktu ke Batam, 3 atau 4 tahun lalu. Enaaak :)

    ReplyDelete
  2. Waahhh dekat rumahku ini mbak Asri. Tempatnya ruameee pengunjung everyday

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dari rumah mbak ai deket banget lha ya. Aku pertama kali kesana rame juga, tp waktu sama ibu2 IP itu sepi lho. Padahal hari sabtu dan jam makan siang. Mungkin karena musim hujan ya. Pas disana juga hujan sempat turun walaupun tidak deras

      Delete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama Menginap di Hotel Berbintang (Keraton Jimbaran Resort and Spa)

Berburu Seafood sampai ke Ujung Pulau